my mom will be okay

Hello world,

Buat sementara, wed prep kami mesti di ‘pause’. Karena nyokap gw sakit keras, dia divonis kena kanker indung telur…dan kanker ganas pula. Sebenernya sih, post ini bukan bagian wed prep, cuma kyanya karena yang baca juga sesama wanita dan pastinya kita concern dengan kesehatan, yah buat nambah pengetahuan dan awareness aja.

Awalnya sejak dua tahun lalu, berat badannya mulai turun. Tapi beliau si malah seneng, dikira berat badannya turun karena beliau banyak aktivitas. “kamu langsing yah” ibu -ibu pada komen dan itu bikin dia malah happy *iyalah, ce mana yang ga hepi kalau dipuji langsing*

Lalu dari tahun lalu, beliau suka sakit perut. Nah, semua kira yah itu penyakit maag. Padahal, ternyata itu indikasi awalnya kanker yang mulai menyebar ke usus. dan mulai awal tahun 2015 ini, sakit “maag” nya lebih sering dan makin sakit.

Terakhir, beliau merasakan perutnya keras di bagian dekat mrs. V. Lalu mulai susah buang air besar. Dan ketika gw tanya temen gw, yang nyokapnya juga kena kanker, temen gw mengiyakan itu gejala awalnya. jreeeeng….

Perlu dua minggu untuk pindah 3 rumah sakit, 4 dokter dan entah berapa kali beliau harus diambil darahnya untuk dicek sampai akhirnya dia divonis kanker ganas. Saat itu, gw sama buni juga menemani beliau di rumah sakit dan mencoba menghibur…. mencoba sih, tapi gw bisa tahu kita ga membantu apa – apa. Nyokap nge down abis.

Kalau selama ini, nyokap cuma cek darah rutin buat cek kolesterol, jantung, diabetes, tes urin, liver, ginjal, etc. Tapi cek darah / urin tersebut ga bisa mengindikasikan adanya kanker.

Jadi, how do we know if we got cancer? jawabannya we will never know, karena cancer itu silent killer *quoted dari dokter nyokap*. Kanker itu ga bikin tubuh kita sakit, dia mengendap dan berkembang dalam organ tubuh secara perlahan, sampai dia sudah menyebar dan mulai menggerogoti organ tubuh.

Salah satu cara kita deteksi dini adanya tumor/ kanker dalam tubuh kita, adalah pemeriksaan darah yang disebut tumor marker dan juga CT scan. CT scan itu sakit banget ternyata guys, beliau sampai nangis menahan sakit pas masuk ke mesin canggih *nan mahal* tersebut.

Well, update yang terakhir adalah nyokap sudah dioperasi, diangkat kanker serta rahimnya. Namun, ada kanker yang terlanjur menempel dengan usus besar dan itulah yang buat nyokap gw harus menjalani proses kemo 3 siklus (18 kali) nantinya.

Yang bikin gw sedih sih jelas, kenapa harus sekarang, kenapa harus nyokap gw? Beliau healthy lifestyle banget. kemana mana naik sepeda pasar, ga pernah jajan makan di luar, banyak makan buah, ga makan masakan ber msg. Beliau lebih sedih lagi, karena dia sakit begini ketika anak -anaknya belum ada yang menikah, belum punya cucu. Berasa masi panjang perjalanannya, kenapa dapet ujian seperti ini?

Semua saudara, iie2 pada datang, temen – temen bokap nyokap pada menguatkannya ya itu, “mau lihat anak merid kan? ayo semangat. Dijalanin ya semua pengobatannya, tar sembuh bisa main sama cucu”…hiks, gw ga kuat kalau sudah ada yang ngomong gini ke beliau dan pasti beliau juga nangis. Gw pun cuma bisa tersenyum getir kalau mereka nanya bercanda ke gw, “ga bisa dicepetin meridnya?”

Gw cuma bisa berdoa, memohon sama Yesus, supaya mama cepet sembuh. Bisa hepi lagi pas nanti wedding day kami dan bisa jalanin hidup normal ketawa dan ngomelin kami lagi.

Mohon doanya juga ya guys, so far paroki St. Yohanes Bosco sudah pada tahu soal ini dan beliau dapat dukungan serta doa bertubi – tubi. Kelompok YP GBI buni juga ikut berdoa untuk kesembuhan saat mereka dapat kabar perihal beliau, I’m so grateful to know that my mom is such a loveable person that so many people wants to visit and pray for her. Bahkan Mba di rumah gw, bisa ikut sedih dan menyelipkan nama mama dalam sholatnya. So dear God, please make my mom healthy again, this isn’t her time.

Oiya, nyokap gw dirawat di MRCCC Siloam Semanggi. Kenapa disini? karena disini termasuk rumah sakit yang lengkap peralatan untuk mengobati kanker. Mostly pasien – pasien yang gw tahu dirawat disini pun karena kanker. Seperti kanker paru – paru, kista/ miom, kanker tenggorokan, kanker otak juga ada *sedih & takut jadinya*

gw post foto2 aja deh ya, biar ada hiburan, tulisan mulu, haha.

IMG_1270

pas lihat banner ini, langsung buni nunjuk2, "lahir normal aja yah" ^^

pas lihat banner ini, langsung buni nunjuk2, “lahir normal aja yah” ^^

Nah ada mesin ini, yang kata saudara gw (dia dokter), ini paling akurat

Nah ada mesin ini, yang kata saudara gw (dia dokter), ini paling akurat

blessing in disguisenya, sodara2 jadi ngumpul

blessing in disguisenya, sodara2 jadi ngumpul

blessing in disguisenya, sodara2 jadi ngumpul...ini semua cici2nya mama dari luar kota. Kami lagi nungguin mama di HCU.

blessing in disguisenya, sodara2 jadi ngumpul…ini semua cici2nya mama dari luar kota. Kami lagi nungguin mama di HCU.

pas mama di HCU, gw nginep. dari pihak RS kasi matras buat tidur. buni bawain selimut dan gw ga lupa kaos kakian...dingin beuds.

pas mama di HCU, gw nginep. dari pihak RS kasi matras buat tidur. buni bawain selimut dan gw ga lupa kaos kakian…dingin beuds.

Para ibu cancer survivor pelayanan bawa prodiakon supaya mama bisa terima komuni.

Para ibu cancer survivor pelayanan bawa prodiakon supaya mama bisa terima komuni.

Dibawain rejuve sama klien gw yang kebetulan juga temen nyokap, tapi karena nyokap belum boleh makan minum, yah buat kita lah.

Dibawain rejuve sama klien gw yang kebetulan juga temen nyokap, tapi karena nyokap belum boleh makan minum, yah buat kita lah.

Banyak yang jenguk mama, akhirnya di rumah banyaak makanan dan buah *beuhh asli banyak*. Yang makan? ya yang jagaa dunk, hahaha.

Banyak yang jenguk mama, akhirnya di rumah banyaak makanan dan buah *beuhh asli banyak*. Yang makan? ya yang jagaa dunk, hahaha.

Makanan di RS Siloam Semanggi ini enak - enak, haha. selama gw nginep nungguin nyokap, gw ga jajan di luar, makanin menu RS mulu. Nyokap soalnya cuma mau makan 3 sendok makan aja...sisanya ya gw ajaah.

Makanan di RS Siloam Semanggi ini enak – enak, haha. selama gw nginep nungguin nyokap, gw ga jajan di luar, makanin menu RS mulu. Nyokap soalnya cuma mau makan 3 sendok makan aja…sisanya ya gw ajaah *anak macam apah inih ckckck*

Snack soree....*sebenernya gw di RS bisa makin gendut sih, ada snack pagi dan snack sore*

Snack soree….*sebenernya gw di RS bisa makin gendut sih, ada snack pagi dan snack sore dan nyokap ga suka kue n memang ga mau makan mengandung gula/ daging*

ada starbucks donk...bisa ngopi yang kekinian. ^^

ada starbucks donk…bisa ngopi yang kekinian. ^^

Selama di RS, banyak kenalan dan ngobrol dengan orang baru. Baik itu pasien atau pihak orang tua, pacar si pasien, bahkan suster rumah sakit. Kita saling menguatkan satu sama lain, pas ngobrol karena masalah yang hampir sama atau yaah sekedar ngobrol ngalor ngidul menghilangkan suntuk. Gw menganggap ini new experience, perlu disyukuri dan harus optimis!! hati yang gembira adalah obat, ada Amin?

Get well soon mom, you will be okay,

Indri

31 pemikiran pada “my mom will be okay

  1. Semoga nyokap lo selalu semangat dan positive thinking ya, keep her busy so she doesn’t have time utk ‘meratapi’ sakitnya. *peluk indri* dan yang paling penting, you too dear, take a good care of yourself ya 🙂 it could be exhausting both emotionally and physically to take care of your mom, but please ttp semangat dan healthy! ❤

    Suka

  2. Smg mamamu cepet sembuh ya.. dgr dr orang2 kl kanker itu yg ptg yg sktnya ga blh smpe stress. Spy sel2 kankernya ga semakin menyebar. Trs ak prnh dgr jg sebaiknya vegetarian. Skg lg pd bnyk yg berobat ke Penang. Katanya dktrnya bgs2 untuk obatin kanker. Cm ak ga tw sh kmn nya. Cb aja googling. Cepet sembuh ya mamanya Indri. God Bless

    Suka

    • Tepat soal stress! Nyokap gw gampang stress sih, apa aja dipikirin banget nget. Nah soal penang juga! *anda cocok jadi penerawang* ud kepikir sih opsi berobat kesana, karena sodara2 juga ada yg kesana utk berobat. Thanks Vi.

      Suka

      • Pokonya nykp hrs yakin penyakit apapun ada obatnya. Dgn nykp smgt pst lbh cepet sembuhnya. Sblm ambl keputusan untk tindakan medis apa cb cari 2nd opinion. Spy ga salah tindakan. Tante semangat ya !! Pst Tante bs sembuh.

        Suka

  3. Sorry to hear that, Indri.. however, be positive is a must. Positive mind dr semua yg disekitar ur mom, will make her more positive n can fight all that. krn gmnpn yg akan menahan semuanya is ur mom. Jd hrs selalu positif. Selain tu yg jagain jg hrs selalu sehat krn keluar msk rumah sakit jg. Anw, pnh baca jg food combining jg bs bantu org yg cancer..
    Fighting *hugs*

    Suka

  4. So sorry to read the story. I hope everything goes well with the treatments. Get well soon buat mamanya Indri.. Be strong juga buat Indri. Makanan yang dibawain ke RS itu emang biasanya bukan buat yg sakit kok, tapi buat yang jaga biar ngga ikutan drop juga lho 😉
    *pengalamanpribadi apa pembelaandiri yak*

    Suka

  5. speed recovery to ur mom ya Ndri 🙂 Tuhan pasti buat segala sesuatunya jadi lebih baik, amien!! sembari ingetin ke nyokap Ndri untuk terus semangat en berpikir positif. lo juga kudu jaga kesehatan Ndri, jangan sampe tumbang kecapean *hugs U*

    Suka

  6. So sorry to read this ndri.. Semoga nyokap lu cepet sembuh yaa.. Tuhan Yesus yang menjamah setiap sakitnya dan bisa kembali sehat seperti semula.. God speed.. Amiin2.. Lu jg sehat n kuat ya ndri biar bisa terus support nyokap.. Semangat2.. 🙂

    Suka

  7. Kalo Tuhan udah ijinin ini semua terjadi, pastiii ada sesuatu yg mau Tuhan tunjukin ci ..percaya semuanya bakal indah dalam rencanaNya yaa 🙂
    aq juga takutt setakut takutnya pass papa terserang stroke pas kami lagi prepare wedding, cuma bisa berusaha tegarrr, dan terus2an bawa dalam Doa n berserah ..Finally, Tuhan pelihara kesehatan papa sampai tetep bisa nyaksiin anaknya menikah, walopun dengan kondisi yg gak 100% seperti dulu ..
    cici harusss kuattt, harus jadi sumber semangattttt buat mama yaaa 🙂
    pelukkkkkciummm cici indri n mommy 🙂

    Suka

    • ahh, aduh, kalian juga hebat ternyata walaupun pas perjalanan wedding prep nya ada masalah, tetap semangat dan akhirnya lancar jaya yah….thanks Der, ini jadi bikin aku makin optimis, semua akan baik- baik saja.

      Suka

  8. Hi Indri, aku mampir – mampir ke blogmu juga nih! Ternyata kamu lagi prep weddingnyaa.Congrats taa. And sorry for the bad news. Tapi tetep semangat ya Indri! Stay strong and keep your mind positive! cepet sembuh mommy-nya Indri.

    Suka

Tinggalkan Balasan

