ceki ceki cek ap – pre marital

Hi world,

Buat yang lagi mempersiapkan pernikahan, pasti sering denger soal pre marital check up. Sebenernya sih pre marital ini ga wajib, tapi kalau memang ada budget dan health awareness tinggi antara satu sama lain sama pasangannya, ya kenapa tidak?

Kami ambil paket premarital check up di booth Prodia waktu pameran Weddingku di JCC, karena dapet diskon 20%. Jadi ada paket buat wanita dan paket buat laki – laki.

voucher premarital check up

Kasi DP 250.000 (kalau ga salah inget.)

Untuk list ngecek apa aja, berikut listnya beserta harganya:

premarital check up_harga

Paling mahal memang paket untuk wanita, lihat saja totalnya sampe 2.5 juta rupiah. Yang gw sesalkan adalah ternyata isi paket cek up ini masih kurang lengkap dan petugas prodia ga ngasi info tersebut.

Jadi beberapa yang dicek adalah virus Toxo, Rubella, CMV. Nah masing- masing dari tiga virus ini terdiri dari dua; yang disebut IgG dan IgM. IgG adalah indikator virus lampau, sedangkan IgM adalah indikator virus sekarang. Dalam paket yang gw ambil, hanya ada IgG…padahal sebenernya yang paling bagus itu ya semua dicek berbarengan (IgG dan IgM).

Kenapa harus berbarengan? Karena kalau ga bareng, pas mau ngecek IgM nya…ga diskoooon lagi donk! *menyesal*

Well, gw concern dengan IgM nya karena hasil IgG itu bikin gw terkesiap *jengjengjeeeng*

premarital check up_2

Hasil IgG nya positif dan reaktif. Saat itu rujukan tertulis ya harusnya negatif. 

Kalau positif dan reaktif ya berarti gw penyakitan donk?! otoke otoke…gimana donk. Nyokap gw langsung wanti – wanti, jangan sampe hamil dulu sampe jelas semuanya. Karena kalau gw ada virus toxo or rubella dan gw hamiiil…bayinya bisa ada kemungkinan lahir cacat. Gw sampe nanya ke semua temen gw, apa artinya nih IgG gw kok begini…. *sob sob sob*

Well, ternyata engga perlu panik dulu. Kenapa? ya karena itu virus lampau, jadi ga tau deh yang sekarang tuh masih bervirus atau engga. Nah tahunya dari mana apakah gw masih terjangkit virus rubella atau toxo? yaaaa cek IgM ituu tadi…pret….damn…masi sebel ga dapet diskon 20%.

Karena masih sensi sama Prodia, akhirnya gw pergi cek IgM ke Bio Medika Kelapa Gading. Keunggulan di Bio Medika, hasil lab nya boleh request anter ke rumah *for free lho, kasih tips kurirnya saja deh*.

Dan alhamdulilaah yaaa, hasil IgM gw semua negatif. Dari hasil lab itu, artinya gw memang pernah kena virus – virusnya (igG) namun tubuh gw membuat antibodi secara otomatis dan akhirnya gw jadi bebas dari virus-virus itu, yeaaah….lega banget. Berarti boleh hamil donk saiah? hmmm….

Masalah ga cukup sampai disitu tadi. Ada satu hal yang gw cek berkaitan dengan fertilitas, yaitu AMH – Anti Mullerian Hormone. Hasilnya AMH gw tinggi banget, padahal nilai rujukannya rendah.

 

 

premarital check up_3_AMH.jpg

Waktu gw cari di google sih, mostly bilang artinya gw terkena PCOS. Kalau dari dokter kandungan, cek AMH doank ini ga cukup valid untuk memvonis gw terkena PCOS, walau memang ada kecenderungan seperti itu.

Jadi gw itu kenapa sih? bahasa awamnya, hormon gw tidak stabil dan sel telur gw banyak namun tidak matang. Tidak matang artinya ya ga bisa dibuahi….artinya ya ga bisa hamil.

Well, terlalu dini untuk memberi statement barusan. Kata dokter juga, lihat dulu saja dalam setahun, jangan dibuat beban pikiran. Nah problem inilah yang waktu itu membuat gw akhirnya membahas sama Mr. Bunny menjelang menikah, bagaimana kalau nanti kami ga bisa punya anak kandung.

Untuk sekarang, jujur kami masih santai – santai aja sih. Kami memang berencana kalaupun usaha punya anak, setelah setahun menikah saja biar proses adaptasi satu sama lain mulus dan juga…sempet travelling. Mostly, temen gw kasih saran, banyakin jalan- jalan dulu berdua, karena setelah punya anak, ga akan bisa bebas buat pergi – pergi *boro boro bebas, budget travel pun, pasti langsung dialokasikan buat baby*

Ada yang punya kasus masalah kaya gw kah? tetap semangat dan optimis ya, semua akan indah pada waktu-Nya.

hoahemmm,

Mrs. Bunny

 

17 pemikiran pada “ceki ceki cek ap – pre marital

  1. Waktu gue masih sama Uda dulu pernah nanyain beginian nih Ci. Dianya gak mau -_-‘ Pdhl kan bagus ya buat jaga2. Untung suami lo mau ya Ci ikut begini, concern ma kesehatan. Dan diskon 20% mayan bgt.. Prodia pula.
    Oia gue jg waktu itu medical check-up utk karyawan dibayarin kantor 2jt-an jg from head to toe. Mayan bgt yah! 😆

    Suka

    • Beuh, klo masih pacaran sih ga pernah kepikiran. kalau mau merid yaaa dicek, biar sama – sama enak, daripada telat ketahuan trus ada yang ga terima, nah lho. Ihh mayan banget dibayarin head to toe, worth abiiis.

      Suka

    • Kepanjangannya Polycystic Ovary Syndrome (susyeeh bener) – telur telurnya ada cairan yang bikin ga mateng gitu lah. Anti cmv igM sudah sekalian cek, abisan tiga (toxo, rubella, cmv) itu semua igG nya reaktip. Ohyaaa 10% mayan beneurr ya Nad, lain kali deh…kan pasti akan ada cek ricek selanjutnyah, tenkyuuu.

      Suka

  2. Hi Ci Indri..sorry baca blog dikau aku mau tanya..apakah PCOS itu ada kaitannya ga ya sama kalau mens kita yang ga teratur? soalnya jadwal bulananku selalu ga teratur nii..huhuhu,, thanks yaa ^^

    Suka

    • Iya, berkaitan banget Fina. Jadwal mens ga teratur, obesitas, muka jerawatan dan rambut rontok salah satu indikasinya. Tapi yaa ga pasti juga kok kena pcos, makanya harus cek darah terlebih dahulu sama konsul dokter 🙂

      Suka

  3. Kebetulan mbaa, aku juga kepikiran mau ambil pre marital check up sebelum nikah soalnyaaa takut juga sih kalau misalnya pas hamil ntar tau tau ada gangguan sama janin tapi telat tahu.. oiyaa, infonya sangat mmbantu mbaa sekalian sama detail harga dan penjelasannyaa…

    semogaa cept dpet momongann mbaa ^^ dan pastinyaa sehatt

    Suka

  4. Pre-marital check up yah? Aku sempet kepikiran sih mw cek skg, cuma discuss kiri kanan katanya nanti aja abis merit 😣😣 pas uda mw program baru cek.. Mending yg mana yah? Eke jadi galau..hahahaha.. Btw ci ind, jgn terlalu ambil pusing yah sama hasilnya.. Positif dan semangat terus.. Bener tuh nikmatin dulu waktu berdua, mumpung masih fresh..wkwkwkwk.. Bisa ayank2an dulu lah berdua2an..

    Suka

  5. aku ngga kepikiran buat pre marital check up 😦
    kalo check pas uda merid gini gimana ya ci ?
    positif thinking aja yaaa cici koko. semangatttt,
    Tuhan pasti bakal kasih kita karunia itu di waktu yg tepat 🙂

    Suka

  6. All is well…. *basibenerbarubaca*
    klo bio medika g malah dl gemes nungguin kurir ngirim jd send email ajah. selama si aa dbd n typus kmrn kn kerjaan g bw ke BM mulu.
    G jd pengen cek itu.. cm tnya aa dl dah ridho ga keluar duitnya lagi. hehehe.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s