PCOS positive

Hello world,

Dari terakhir kali gw pre marital check up, gw sebenernya sudah berasumsi kalau gw ini kena PCOS. Dan ternyata benar, saudara – saudari!

Mendapat dorongan untuk segera memiliki anak (ortu gw terutama), akhirnya setelah setahun menikah, kami mencoba kontrol ke dokter kandungan.
Pilihan kami datang ke rumah Dr. Calvin Tjong di area Puri, karena dekat dengan tempat kerja Mr. Bunny dan kiprah dia di dunia bumil kan sudah tersohor.
img_9545
Kok malah dateng ke rumahnya, kenapa ga dateng ke RS Puri Indah? Gw sebenernya ga terlalu nyaman datang ke rumah sakit dan gw yakin antrian di RS lebih heboh dibanding antrian di rumahnya.
Dia praktek Senin dan Jumat jam 16:30 – 19:00. Tapi better datang jam 16:00 untuk daftar antrian dengan suster jaganya (ga bisa booking). Oiya, kalau dirumah dokter Calvin, kontrolnya harus bayar cash ya.  Pertama kali kontrol, kami ga tahu bahwa hanya bisa cash. Alhasil, pas mau bayar sama suster, Mr. Bunny ngomong, “nitip istri saya dulu disini. saya keluar cari ATM untuk ambil duit” hahaha, Istri apa belanjaan, dititip.
Dari hasil usg transvaginal, diketahui sel telur gw ga berkembang karena kelihatan kecil – kecil. Kemudian, dokter kasih rujukan ke kami supaya cek lebih mendalam. Gw dirujuk untuk tes HSG dan suami dirujuk untuk tes analisa sperma. Setelah mendengar penjelasan gw soal jadwal mens acak kadut, dokter bilang, gw kena PCOS.
Apakah kami sedih? ga sih, karena mungkin gw sudah menduga hal ini sejak menikah (terima kasih sama mbah gugel memberikan gejala – gejala PCOS yang akurat). Jadi pas denger hal ini, gw cuma, “tuh kan, i knew it.”
Dikasih obat Ovacare dan Glucophage (metformin). Ovacare minum 2 kali sehari setelah makan dan Glucophage minum 1 kali sehari setelah makan juga. Sama dokter ingetin gw untuk minum buskopan, dua jam sebelum tes HSG supaya ga terlalu nyeri.
IMG_9548.jpg
Lucunya, obat Glucophage itu adalah obat diabetes. “Jadi saya kena diabetes Dok?”. Jawaban dari dokternya bikin nambah bingung, “Ga. Tapi bisa diabetes hanya di bagian rahimnya saja.”….ow okeh, saat itu gw ga banyak cingcong, nerima aja penjelasan seperti itu.
Baik tes HSG maupun tes analisa sperma, bisa dilakukan dengan syarat puasa berhubungan selama 3 hari sebelum hari tes. Tambahan untuk tes HSG, dilakukan H+6 – H+12 dari hari mens pertama karena supaya yakin rahim bersih dan sel telur belum berovulasi.
Soal apa itu tes HSG, gw ga perlu jelaskan ya. Gw search, sudah banyak blog menjelaskan tentang ini dan biasanya memang dianjurkan kepada penderita PCOS. Rujukan dari Dr. Calvin, untuk tes HSG ke RS MRCCC Siloam dengan Dr. Andy bagian Radiologi. Kami pikir, pas banget. Soalnya kami masih suka berkunjung kesana kalau nyokap gw kontrol untuk penyakit CA nya.
RS MRCCC ini bagus bener, rumah sakit suasana mall. Bersih, modern, staffnya ramah dan dokternya ganteng – ganteng…haha. Sudah booking tindakan tes ini 3 hari sebelumnya dan sekaligus pelunasan (ga boleh go show, karena harus siapin alat-alatnya).
img_9869

Lobby RS ada grand piano bisa nyala sendiri pula haha.

Di ruang tunggu tes, gw yang tadinya biasa aja, sempet anxious. Jadi takut, “sakitnya sampe segimana yah? gw bisa tahan ga yah?”. Tapi the test must go on, satu suster mempersilahkan gw masuk ruangan tes dan disuruh buka baju semua, ganti dengan kimono..which ga ada talinya gitu, jadi kaya cuma bebetan handuk gitu sih, weird. Habis ganti baju harus pipis terlebih dahulu supaya yakin bersih.
Tes HSG setengah jam, buat gw rasanya seperti dua jam deh. Ga nyaman dan mengintimidasi sekalee. Telanjang dan disuruh tiduran diatas (seperti) meja operasi pose ngangkang depan dokter serta suster, plus bunyi bunyi alat rontgen waktu perut gw difoto. Gw kedinginan sampe gemeteran, makin bikin jiper. Amazingly, buat gw sih ga sakit kok tesnya. Dokter Andy sampai nanya, “ibu tahan sakit ya ternyata?” karena setiap dokternya wanti – wanti tindakan yang dia lakukan setelah ini akan sedikit nyeri, gw ga merasakan sampai segitunya lho. Thanks to buskopan, i suppose.
tes-hsg_1
Habis tes, gw merasa ngilu di perut seperti sakit perut waktu mens. Cuma kata suster, ini efek samping yang normal, nanti beberapa hari juga hilang sakitnya. Bener sih, dua hari kemudian perut gw masih sakit melilit (tapi bearable sih menurut gw).
tes HSG_2.jpg
IMG_9734.jpg

hasil tes langsung didapat ga beberapa lama dari selesai test.

Untuk tes analisis sperma, Mr. Bunny cuma merasa jadi objek. Disuruh masturbasi di dalam ruangan kosong (cuma ada sofa, which dia juga males dudukin) yang dingin hanya dengan pakai sabun. Gw sih nungguin dia di ruang tunggu. Dia sempet wa “kamu ga boleh bantuin ya?” haha, gw tergelak dan bales wa nya, “mana boleh. Mungkin nanti susternya yang bantuin kamu. mau aku tanyain?LOL”
tes-sperma_
Well, Puji Tuhan ya. Hasil tes kami berdua, bagus kok. Kesimpulannya rahim gw tidak ada sumbatan (baik kiri & kanan) dan pasukan sperma Mr. Bunny sehat sejahtera.
Kontrol kedua dengan Dr. Calvin, gw balik ke rumahnya lagi. Dateng jam 16:00 lewat, dapat urutan no. 9. Gw ijin ke suster, buat pergi sebentar cari makan. SI suster udah wanti – wanti, “Harusnya ga boleh ditinggal bu. Dokternya ga mau nunggu pasien lho ya.”
Cuma gw pikir, boring banget nunggu 8 pasien yang jelas – jelas semuanya stand by nunggu disana. Asumsi tempo kontrol per orang 10 menit, berarti kan 80 menit lagi gw baru masuk. So kami bandel, tetep pergi cari makan, hehe. Kepikiran makan bakmi Agoan, tinggal jalan kaki 3 gang aja soalnya.
Jam 17:15 gw sampe ke tempat dokter lagi, gw malah lihat yang nunggu makin rame…haha. jam 17:45 gw dipanggil masuk ruangan dokter. Kami kasih deh hasil test kami berdua, dokter Calvin juga bilang hasilnya bagus dan normal.
Kembali gw di usg transvaginal, mau cek gimana perkembangan selama gw minum obatnya. liat d tuba falopi kanan, meh…ga berubah lho, tetep aja kecil2 item kaya kelereng. Tapi pas dicek ke tuba falopi kiri, ada satu telor yang lebih besar dan bentuknya ga beraturan. “ini artinya sudah ovulasi nih, berarti obatnya ngaruh ya Bu. Cuma sudah lewat masa subur nih, keliatan dari garis 3 disini” kata Dokter sambil nunjuk – nunjuk layar usgnya. Wuuih, kemajuan positip nih!
Walau belom hamil, tapi kami berdua seneng banget, plus mood dokter kyanya lagi hepi deh, kasih penjelasannya panjang lebar pake becanda ketawa pula (Dr Calvin terkenal poker face dan galak). Aduh, hari itu kami moodnya bagus terus.
Dr. Calvin sendiri ga bisa ngasitau juga kapan gw berovulasi atau masa subur gw, secara jadwal mens gw yang tidak teratur dan siklusnya sepanjang jalan kenangan. Dia cuma pesan obatnya tetap minum teratur dan infoin bahwa gejala masa subur itu pas ada lendir dari alat kelamin perempuan, tapi bukan keputihan. Noted doc! (ngintipin celana dalem tiap hari, haha).
So, so far kami terus berusaha. Masih awal perjuangan, tapi kami yakin pasti bisa kok. PCOS bukan jalan buntu!
tes-hsg_3
Semangat para calon ibu,
Mrs. Bunny

23 pemikiran pada “PCOS positive

  1. Wahaha baru baca dan ngakak liat ilustrasi ngangkangnya. Sempet mikir google ada jg gambar ginian, taunya gambar lu sendiri wahahahahaha… lucuuu.. gambar teruuss.. dan coblos teruussss..

    N.b. cerita horor dong.. bikinin iluatrasinya sekalian

    Suka

  2. Baguss gambarnyaaaa 😀 suka deh, tiap nulis blog pake gambar yaa :3

    PCOS itu apa sih? males google, sel telur gk berkembang ya?

    Mari kt berusaha calon ibu 😀 *reminder diri sendiri jg* LOL

    Suka

  3. Ndri, gue ngakak liat gambar ngangkang-nya, hahahahaha :p

    ttg analisa sperma, itu masa2 ga enak juga Ndri buat Jo. Ga dikasi bantuan apa2 tapi kudu nguarin sperma, LOL

    smangattt ya Ndri! semoga semakin baik hasilnya, amien!!

    Suka

  4. Semangat ya, Shay. Tuhan sediakan yang terbaik.
    Baca ini aku merasa dirimu tetap positif menjalani ini, aku jadi ikut senang dan semacam pengen nari pom-pom kayak cheerleader gitu. Hehehe.
    Semangaaat! ^_^

    Disukai oleh 1 orang

  5. Itu spermanya so cute deh di gambar hahahaaha. Unyu lol.
    Syukurlah hasil testnya bagus dan obatnya juga ngefek ya ci. One step ahead.
    Mudah-mudahan diberi kelancaran untuk seterusnya dan soon ada good news. Jia you! 🙂

    Suka

  6. posisi yg ngangkang itu engga banget ya cii.
    aku pernah ngerasain soalnya pas usg dalem.
    persisss kayak gitu, n gak nyaman banget.
    semangaaaattttt ya ci, ditunggu kabar baiknya 🙂

    Suka

  7. Indriiii. kocak banget gambarnya. lol. Itu bulu2 gitu? hahahahaha. kok gua nangkepnya kek gitu. *dasar otak porno*. hahahahahaha..

    Semoga bisa segera punya momongan yaaa. jangan kawatir, ada loh yang diprediksi punya 1 sel telur dan gak bisa punya anak, tetep aja bisa punya anak. Anak itu anugrah, kalau dipercayakan pasti dikasih tepat pada waktunyaaa. NIkmatin aja In!!

    Suka

    • Iyaa emang itu bushesnya cewe Poi, huhahahahahaha. Seronok yaaak? tapi gw kasi coret2 bentukin aga jadi heart shape, wkwkwk.

      Bener, anak itu anugrah, mungkin Tuhan tahu kami berdua masih proses menyiapkan menjadi 100% siap…grak!

      Suka

  8. Haloo lam kenal
    baru perdana muncul ni hehhehe
    Fiuhhh syukur lah semua sehat2 ya, semoga cpt hamil ya ndri hehehhe
    gw pas liat gambar lu mekangkang jd inget pas adegan gw di ruang bersalin ma pas papsmear hahhaha bagus gambarny

    Suka

    • Makasih Mira, iya syukurlah semuanya sih sehat (kecuali gw sih hahaha).
      Oh kamu dah pengalaman donk di meja dingin operasi, aga aga traumatic moment jadinya yak?
      gambarnya biar orang ngerti betapa susahnya perjuangan wanita hahaha, thank you pujiannya.

      Suka

  9. Hai Cici salam kenal, baru pertama kali mampir nih di blognya cici 🙂
    Semangat y Ci, kita sama2 berjuang menjemput buah hati 😀
    Btw soal lendir masa subur itu salah satu tandanya kalau lendirnya ditarik itu mulur ci alias susah putus n berlangsung hanya 1 hari aja, semoga infonya membantu y..

    Suka

    • Hai Fer, apa xia xia nih manggilnya? Baru cek blog kamu, iih samaan kita ke musee juga, hahaha (jadi OOT).

      Ah iya, kyanya kamu gape bener nih soal masa subur, lagi berusaha juga ya? Semoga kita dikasih momongan yang sehat dan sempurna soon enough ya Fer. Makasih infonya btw.

      Suka

      • Hai Ci Indri, panggil Fer aja juga boleh kok 😀
        Loh treatment ke Musee juga, yg di CP atau Sudirman Ci? Kali aja jadwalnya bareng ha..ha..ha.. *makin oot..
        Iya Ci lagi ttc juga, lagi ngebenerin irregular periodnya hu..hu..hu.. Semoga tahun ini kita segera dikasih secepatnya y Ci ^^

        Suka

  10. Hai Indri… 1st comment juga kayaknyaaa… *lupa..
    eniwei ilustrasiii lucuuu yah… syukur yah kalo ternyata kondisinya baik2 aja.. tetap semangat berusaha dan berdoa yah ndri…. GBU

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s