Hamil lagi!

Hi semua,

Gw mau sampaikan berita gembira, yaitu sekarang gw hamil! Well, 19 minggu tepatnya di minggu ini…yay, sudah masuk trimester kedua. Sekarang gw mau cerita prosesnya sampai bisa hamil dede diperut gw.

Awal tahun 2018, kami sih masi semangat berusaha hamil (lagi). Karena gw punya masalah pcos, gw masih terus minum metformin dan vitamin ovacare (walau suka bolong – bolong sih). Pcos gw kan bikin haid juga ga rutin sehingga permasalahannya ga jelas kapan masa suburnya. Gw coba beli Fertitest – alat untuk menguji masa subur pada wanita. Bentuknya seperti test pack kehamilan, hanya saja justru bagusnya dicoba waktu malam hari.

IMG_3492

Start seminggu setelah selesai haid, setiap malem gw ngetes, dan anehnya ya strip 1 aja terus. *sigh* capcai banget deh. Antara gw yang ga subur – subur atau ya fertitest ini emang ga epek. Mencoba ngadon setiap dua minggu setelah haid, pun tidak berhasil. Sampai akhirnya kami berdua mulai bermindset (gw sih terutama), “uda lah gpp ga usah punya anak aja. Umur uda ketuaan, risiko anak lahir cacat semakin tinggi.”

Tapi rupanya bokap nyokap gw tidak menyerah, Mereka keukeuh kami tetep berusaha lagi. Bokap gw nyuruh kami IVF dan nyokap gw menteror soal AKUPUNTUR.

Kami sedikit tergerak sih soal IVF dan mulai tanya-tanya temen yang pernah atau tahu soal IVF ini. Akhirnya coba mau kontrol dulu deh ke Dr. Arie Polim di RS Family Pluit, karena kan dia juga praktek di RS Bunda yang femeus tindakan ivf. Bodohnya akyuu yang berpikir Dr. Arie ini kalau gampang ditemui, jadilah kami dateng jumat malem tanpa appointment.

B66EE445-087E-4273-A548-2F60A526E30C

antrian buat ambil nomor antrian

Demi janggut Merlin, disana kaya pameran wedding all over again, lobi pendaftaran dipenuhi dengan pasangan muda yang gw rasa yaa mau kontrol sama Dr. Arie ituu. Suasananya terlalu chaos sampe gw ngeblank mesti antri dimana dulu, karena ada campur antrian obat, antrian lainnya yang ga jelas. Akhirnya, kami ga daftar…cari makan malam lanjut cus pulang.


 

Gw sih seumur – umur belum pernah coba akupuntur, ngeliat jarum suntik aja takut! Plus, konon nyokap gw pernah pergi terapi akupuntur bareng-bareng ii gw. Waktu nyokap baru ditusuk jarum pertama….dia pingsan donk. Elahdalah, sampai bikin panik akupunturis plus ii gw! Karena gw cuma diceritain, saat itu gw ketawa puas karena merasa dapet cerita srimulat alike. Tapi tenang guys, saat itu nyokap pingsan karena saking takutnya trus black out tapi dia baik – baik saja dan yaaa…mungkin sang akupunturis yang kemudian pergi ke rumah sakit untuk cek jantungnya.

Jadi nyokap maksa gw harus akupuntur, yang dia sendiri ga berani. Namun, dia dapet kesaksian dari organis gerejanya yang setelah bertahun – tahun menikah akhirnya berhasil punya anak setelah terapi akupuntur dengan Dr. Melya di RS Husada Mangga Besar.

Dirongrong terus menerus soal akupuntur ini, akhirnya gw menyerah. Gw bilang ke buni “udalah, aku lebih stres dicecer soal akupuntur terus. yok lah kita coba.”

Screen Shot 2018-08-12 at 3.56.06 PM

Datang pertama kali di RS Husada, kami hampir ditinggal pulang sama dokternya (kami sampe rs jam 13:30 padahal). Untungnya Dr. Melya masi mau balik lagi dan kasih gw terapi. Dokternya wanita paruh baya, yang bikin lu keinget model iie yang suka jualan di pasar gitu deh, poker face tanpa make up dan rambut pendek keriting yang khas. Pertama gw ditanya tahu dia dari siapa, kenapa mau terapi akupuntur, trus gw ceritakanlah soal pcos, haid siklus 35-40 hari dan obat atau vitamin apa aja yang gw minum selama ini (sama gw bawa hasil-hasil tes lab selama promil).

Dokter komen kalau peredaran darah gw artinya ga lancar. Langsung ga pakai ba bi bu, disuruh duduk di ranjang praktek kemudian punggung, perut, paha dan betis gw ditusukin jarum. Sakit jek! Tapi dokter Melya ga ada sedikit belas kasihannya sama gw, ga ditanya “sakit ya? sabar yaaa.” Lempeng abis sob. Habis itu disuruh tidur selama 30 menit. Tatapan gw nanar memandang langit – langit ruangan. Anehnya, gw bisa tidur pules lho selama 30 menit! power nap banget.

IMG_4485

Selesai akupuntur (jarumnya langsung dia buang), dia kasitau gw harus banyak olahraga dan pantang makanan minuman manis (ini makes sense sih, makanya pcos kudu minum metformin). Gw pun dianjurkan rutin datang seminggu 2x akupuntur selama 3 siklus haid. Plus, dia kasitau bahwa dia juga praktek di RS Harapan Kita (setelah bertanya tempat kita tinggal). Wah, jauh lebih deket dari Karang Tengah ke S. Parman. Dan di RS Harapan Kita (Harkit) pun jam prakteknya sore ke malam, jadi setelah ngantor pun cuco.

Screen Shot 2018-08-12 at 3.57.32 PM

jam praktek Dr. Melya di RS Harkit

IMG_3957

 

Setelah kedua kali terapi sama Dr. Melya, gw baru penasaran lho google soal ni dokter. Amazingly, buanyak sekali yang sharing soal suksesnya promil karena akupuntur sama dia. Terutama, dia paling terkenal prakteknya di Klinik Mediko – Jatinegara, Jakarta Timur. Akupuntur Dr. Melya ini sangat terkenal untuk terapi bells palsy (kelumpuhan pada otot wajah) dan infertilitas.

Screen Shot 2018-08-12 at 22.26.51

 

Di Klinik Mediko sepertinya memang lebih ramai, karena biaya yang dikenakan lebih murah dibanding di RS (kami bayar 150.000/ sesi di RS Harkit).

Selama dua bulan akupuntur (Feb & Mar), siklus haid gw ga berubah banyak sih, tapi lebih baik. Biasanya siklusnya bisa 40 hari (dengan bantuan konsumsi ovacare). Selama di akupuntur, siklus gw bisa 32-35 hari tanpa suplemen (Dokter suka ngingetin gw dengan judes, harus olahraga! dia targetin siklus gw harus 30 hari aja). Jadi gw menggiatkan lagi berenang 30-40 menit seminggu 1x dan setiap sore jumping jack (loncat tali) 100x.

Nah bulan ketiga – April, gw ud ngomong sama buni, “stop aja lah ya akupuntur? ga epek nih.” Mr. Buni tetap kasih semangat, “gpp, dokter uda bilang coba 3 bulan dulu, terusin aja sampe selesai.” Pertengahan April, gw ngerasa ada yang aneh. Gw mengalami susah tidur, malah pernah ada 1 malam kyanya gw ga tidur blas. Trus kalaupun bisa tidur, gw bisa kebangun sampai 2x untuk pipis…astaga, apa gw sudah renta ya? pikir gw saat itu.

Ga mau ge er hamil, tapi entah kenapa lama – lama gw jadi feelingnya “hamil nih.” Ngejoke selama beberapa hari sama buni, “kayanya aku hamil deh.” trus kita ketawa bersama seperti hal tersebut sesuatu yang amat lucu dan mustahal. Tapi akhirnya setelah dua minggu telat dari tanggal mens, gw nekad pregnancy test pagi-pagi.

E426E129-C62C-425E-9ABD-D8D2006B85F1

pakai test pack yang murah, bokamguan yee.

Pertama, muncul satu garis aja….”yah, okelah, emang cuma ge er.” Gw lanjut cuci muka tanpa mikirin lebih lanjut. Tapi, test pack yang rendam seperti ini ternyata hasilnya keluarnya ga secepet yang siram gitu aja (money never lies). Habis gw selesai cuci muka, mau gw buang tuh dan jeng…jeng….iiih! kok muncul strip kedua samar-samar. Bak Gollum menatap cincin LOTR, gw pegang tuh test pack dengan sumringah.

Tunggu….gw dikibulin kali nih! Kan samar- samar bisa jadi eror. Pertama gw wa Nadia haha, make sure dari narasumber terpercaya. Trus dia yakin 100% kalau itu uda pasti hamil! Kyaa..kyaaa, lsg samperin misua yang masih setengah celeng. Kami berdua hepi sekali, dan pemikiran buni saat itu “yang paling hepi si mama kamu harusnya”, kembali kami berdua tergelak.

Kami datang lagi untuk akupuntur di RS Harkit. Surprisingly, Dr. Melya mimik wajahnya langsung berseri trilili begitu gw kasitau “Dok, saya test pack positif lho”. Gw ga sangka lho, biasanya dia poker face dan rada tegas. Tapi waktu gw cerita gw hamil, gw bisa ngerasain positive energy flow from her. “Hebat. kok cepet banget ya?” pertanyaannya saat itu. Ternyata gw baru tahu rata-rata yang terapi sama dia butuh minimal 5 bulan – 1 tahun buat berhasil hamil.

IMG_4791

eniwei, gejala hamil lainnya yang gw rasakan dan bisa dilihat di foto ini (dibandingkan foto sebelumnya). Perut gw rada mlendung, tapi gw kira kan “ooh gw kebanyakan makan nih”. Kali ini, Dokter tusukin jarumnya di titik yang berbeda.

 

Dokter bilangin gw ga perlu dateng terapi akupuntur lagi, kecuali suatu saat ada keluhan. Sama sekali ga komersil kok dokternya, bahkan selama perjalanan terapi akupuntur, dia yang saranin kami gausa buang-buang uang ke dokter kandungan dulu.

Gw tahu sudah banyak yang sharing soal Dr. Melya ini di blog/ forum. Atau banyak yang memandang sebelah mata bahkan ga percaya soal tusuk jarum! Gpp, tapi kami pribadi berterima kasih sekali dengan beliau dan siapa tahu post ini bisa menambah info pejuang dua garis lainnya yang masih berharap dan ingin mencoba, semangat!

 

spread baby dust,

 

littlemissindri

16 pemikiran pada “Hamil lagi!

  1. Waaahhh ga nyangka deh ternyata terapi akupuntur begini emang bisa sakses ya. Rasanya baru kali ini denger langsung dari orang yang sulit hamil lalu berhasil hamil ❤ So happy for you and mr. buni ci Indri!! Semoga sehat selalu ya mom and baby, please please please grow up healthily lil baby! ❤

    Disukai oleh 1 orang

  2. congratz sis~~
    Selama ini aku silent reader di mari.
    Terakhir post soal miscarriage kamu aku ngerasa sedih banget.
    gw sendiri jg divonis pcos, tapi perjuanganku buat hamil ga sehebat dirimu.
    gw cuman promil 3 siklus sama dr. gahrani n gagal. setelah gagal 3x, gw mutusin buat stop dulu sambil olahraga n diet teratur sambil minum diaformin(klo dirimu metformin, efeknya sama sih). baru sebulan rehat eh malah jadi dan sekarang lagi nunggu launching soon~~

    Semoga dirimu dan baby sehat selalu yah.

    Suka

    • Hi Yanti, ahh jadi kamu lagi hamil juga kaan? senangnya *HUG*, kyanya malah begitu pause dari rutin ke dokter atau mikirin banget malahan sukses. Olahraga dan diet itu namanya juga perjuangan keras (buat aku si berat haha.) sama-sama, lancar & sempurna semua buat kamu dan debay sampai lahiran!

      Suka

  3. Yeay..akhirnya tulisan yg ditunggu2 😘
    Congratz y Ci, sehat2 kehamilannya sampai lahiran nanti 😃
    Iya Ci banyak yg berhasil hamil dengan akupuntur, tapi aku sendiri belum berani coba ha..ha..
    Nanti boleh tanya2 Cici y 😆

    Suka

  4. “disana kaya pameran wedding all over again, lobi pendaftaran dipenuhi dengan pasangan muda yang gw rasa yaa mau kontrol sama Dr. Arie ituu” >> aseli ngakak ud macem pameran wedding aza yaa, LOL sama yg bak gollum menatap cincin LOTR (smeagol maksutnya sis) hahaha

    eniwei CONGRATZ again cc indri, sehat trus dan lancar kehamilannya yaa amin amin segalana dicukupkan :3

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s